Sistem basis data materi 5

              MATERI 5


    MICROSOFT ACCESS
1.     PENDAHULUAN
Microsoft Access adalah program aplikasi basis data (database) yang dikeluarkan oleh Microsoft dalam satu paket Microsoft Office.
Apa itu database ? Database (basis data) yaitu kumpulan informasi yang secara sistematik disimpan dalam komputer sehingga dapat diperiksa oleh software komputer untuk memperoleh informasi dari basis data tersebut.
2.     TUJUAN
Lebih mengetahui bagaimana cara menggunakan Microsoft access dengan baik dan benar, serta dengan menggunakan microfsoft access pekerjaan kita bisa menjadi lebih mudah. Dengan Microsoft access kita dapat mempermudah dalam mengolah data dalam jumlah yang banyak, data bisa tersusun dengan baik dan mudah mencarinya.
3.     MANFAAT
a.     Menghemat waktu dan tenaga.
b.     Mempermudah pelaksanaan suatu pekerjaan yang terasa berat dan melelahkan.
c.      Mempermudah segala kegiatan yang berhubungan dengan computer
d.     Menambah pengetahuan dan pembelajaran.
4.     LANGKAH KERJA

 Selanjutnya, saya akan menampilkan bagaimana cara menambah dengan menggunakan FORM WIZARD.  Berikut langkah-langkahnya:
a.     Klik Creat pada sisi kiri monitor Anda, Lalu Pilih More Forms dan pilih Form Wizard seperti Gambar dibawah.

 
b.     Setelah Anda klik Form Wizard akan muncul tampilan seperti berikut.
Klik next sampai Anda menemukan Finish.

c.      Setelah menekan Finish Akan muncul seperti gambar.
d.     Selanjutnya, Tabel akan berubah gambar menjadi warna merah, klik kanan dan klik Design View.
e.      Setelah itu, ganti tulisan Tabel menjadi FORM dengan mengklik secara double tulisan tersebut atau klik gambar “Aa” dibagian kanan atas monitor Anda.
f.       Selanjutnya untuk menambah, menghapus, menyimpan dan keluar dari lembar kerja yang kita buat, kita harus menambah dengan klik Button, dan akan muncul kotak berikut.
g.     Setelah kotak muncul tekan Next, dan jangan lupa menyertakan & didepan perintah yang diinginkan seperti gambar berikut.
h.     Setelah klik next anda akan menemui perintah berikut dan harus menambahkan  tulisan cmd didepan perintah, seperti :cmdtambah.

                                                             i.      Setelah itu tampilan akan berubah seperti gambar berikut, command akan berubah tulisan menjadi tambah.
j.       Untuk menambahkan data, klik tambah dan isikan data yang akan ditambah, setelah itu jangan lupa menekan simpan. Karena jika tidak menekan simpan data tidak akan bertambah.
5.     KESIMPULAN
Jadi kesimpulan dalam mempelajari Microsoft access ini adalah kita dapat menggunakan Microsoft access secara mudah dan mampu membantu pekerjaan yang sulit. Microsoft access juga menghemat waktu dan tenaga kita.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Musinuruk Ka Simaeruk & Program Nan Tumpah Masuk Sekolah Ditutup dengan Ragam Pertunjukan

MUSINURUK KA SIMAERUK #2

BAKTI AKSI LINGKUNGAN DESA MAILEPPET