Sistem basis data materi 5
MATERI 5
MICROSOFT ACCESS
1.
PENDAHULUAN
Microsoft Access adalah program
aplikasi basis data (database) yang dikeluarkan oleh Microsoft dalam satu paket
Microsoft Office.
Apa itu database ? Database (basis data) yaitu kumpulan
informasi yang secara sistematik disimpan dalam komputer sehingga dapat
diperiksa oleh software komputer untuk memperoleh informasi dari basis data
tersebut.
2.
TUJUAN
Lebih mengetahui bagaimana cara menggunakan Microsoft access dengan
baik dan benar, serta dengan menggunakan microfsoft access pekerjaan kita bisa
menjadi lebih mudah. Dengan Microsoft access kita dapat mempermudah dalam
mengolah data dalam jumlah yang banyak, data bisa tersusun dengan baik dan
mudah mencarinya.
3.
MANFAAT
a.
Menghemat waktu dan tenaga.
b.
Mempermudah pelaksanaan suatu pekerjaan yang terasa berat
dan melelahkan.
c.
Mempermudah segala kegiatan yang berhubungan dengan computer
d.
Menambah pengetahuan dan pembelajaran.
4.
LANGKAH
KERJA
Selanjutnya, saya akan menampilkan
bagaimana cara menambah dengan menggunakan FORM WIZARD. Berikut langkah-langkahnya:
a.
Klik
Creat pada sisi kiri monitor Anda, Lalu Pilih More Forms dan pilih Form Wizard
seperti Gambar dibawah.
b. Setelah Anda klik Form Wizard akan muncul tampilan seperti berikut.
Klik next sampai Anda menemukan Finish.
b. Setelah Anda klik Form Wizard akan muncul tampilan seperti berikut.
Klik next sampai Anda menemukan Finish.
c.
Setelah
menekan Finish Akan muncul seperti gambar.
d.
Selanjutnya,
Tabel akan berubah gambar menjadi warna merah, klik kanan dan klik Design View.
e.
Setelah
itu, ganti tulisan Tabel menjadi FORM dengan mengklik secara double tulisan
tersebut atau klik gambar “Aa” dibagian kanan atas monitor Anda.
f.
Selanjutnya
untuk menambah, menghapus, menyimpan dan keluar dari lembar kerja yang kita
buat, kita harus menambah dengan klik Button, dan akan muncul kotak berikut.
g.
Setelah
kotak muncul tekan Next, dan jangan lupa menyertakan & didepan perintah
yang diinginkan seperti gambar berikut.
h.
Setelah
klik next anda akan menemui perintah berikut dan harus menambahkan tulisan cmd didepan perintah, seperti
:cmdtambah.
i.
Setelah
itu tampilan akan berubah seperti gambar berikut, command akan berubah tulisan
menjadi tambah.

j.
Untuk
menambahkan data, klik tambah dan isikan data yang akan ditambah, setelah itu
jangan lupa menekan simpan. Karena jika tidak menekan simpan data tidak akan
bertambah.
5.
KESIMPULAN
Jadi kesimpulan dalam mempelajari Microsoft access ini adalah kita
dapat menggunakan Microsoft access secara mudah dan mampu membantu pekerjaan
yang sulit. Microsoft access juga menghemat waktu dan tenaga kita.

Komentar
Posting Komentar